Cara Memasang Mod GTA SA Di Android Dan PC

Apa itu Mod Game?
Mod adalah suatu cara untuk mengubah sebagian atau keseluruhan object dan juga termasuk perilaku objeck pada perangkat lunak game supaya mendapatkan sensasi kesenangan yang lebih ketika memainkannya. Ada banyak faktor yang melatar belakangi seseorang melakukan modding game, mod atau modding game biasanya dilakukan pada game-game terkenal, akan tetapi karena game tersebut dirasa kurang memuaskan dari sisi grafis maka para moder menciptakan Mod untuk menggati object pada game dengan objeck yang ia yakini tampak lebih bagus.

Disini saya menjelaskan mengenai Mod game GTA SA, saya akan membahas mengenai apa-apa yang perlu anda ketahui supaya anda bisa dengan mudah melakukan Modding game GTA SA di perangkat PC seperti komputer atau laptop dan juga perangkat Android tanpa kebingungan. Untuk melakukan MOD, anda hanya perlu sebuah aplikasi yang bernama IMG Tool, aplikasi ini memiliki nama yang sama pada versi Android maupun PC tetapi file instalasinya berbeda, pada android memiliki format .apk, sedangkan versi PC memiliki format .exe

Selain aplikasi IMG Tool, namanya game pasti memiliki data yang akan kita ubah isinya supaya bisa di mod, dll. pada game GTA SA ada file yang bernama gta3.img yang akan diotak-atik datanya menggunakan aplikasi IMG Tool ketika melakukan mod, file ini menyimpan data-data texture objeck 3d pada game GTA SA, seperti mobil, berbagai karakter orang, pohon, sepeda, motor, dll. File gta3.img memiliki format .img, file format .img merupakan file archive atau pembungkus yang sama seperti file zip, rar, gzip, dll.


Prosedur Mod GTA SA
Didalam file gta3.img berisis berbagai format file-file lain, diantaranya ada dff dan txd. File berformat .dff ini berfungsi untuk menyimpan texture object, sedangkan file berformat .txd berisi animasi berupa interaksi CJ (karakter orang yang anda kontrol) dengan object tersebut. prosedur / cara modnya, ketika anda ingin megganti objeck misalnya saja anda ingin megganti mobil hotring dengan mobil pagani, ferrari atau lumbergine, anda harus menyediakan file dff dan txd berupa mobil pagani yang dibuat untuk game GTA SA, caranya cari diinternet, contoh kata kunci untuk mencari di google 'pagani mod gta sa' maka secara otomatis google akan menampilkan file mod GTA SA, kebanyakan ketika setelah didownload akan muncul dalam bentuk file rar atau zip. Jadi intinya ketika ingin menggati mobil pagani, file yang anda ganti ada dua yaitu file format .dff dan .txd, tetapi di android hanya file .dff nya saja yang diganti.

Hal Lain
Ada hal lain yang perlu anda ketahui yaitu nama file dff dan txd, didalam file gta3.img ada begitu banyak file dff dan txd dengan nama yang berbeda-beda. sehingga anda bisa bingung untuk mencari nama file dff dan txd yang ingin anda ganti dengan object lain, contohnya saja ketika anda ingin menggati kendaraan Tank dengan Tank yang lain, pastinya anda harus tau nama file dff dan txd dari kendaraan Tank tersebut. disini saya menemukan daftar nama file dff dan txd. untuk daftar file dff dan txd dari kendaraan bisa buka link ini, sedangkan untuk orang / karakter bisa buka link ini.

Tutorial Cara memasang Mod GTA SA Di Android
1. Bahan

2. Langkah
Ada dua langkah tahapan yang harus di kerjakan, yaitu tahap me Extract file IMG dari file Obb yang ada pada game GTA SA menggunakan aplikasi X-plore file manager. dan langkah ke Dua yaitu melakukan replacing/melakukan pergantian texture menggunakan aplikasi IMG Tools, baca keterangan dengan baik dan kerjakan dengan teliti ya!.

3. Langkah Extrack File Img Menggunakan X-plore
  • Pertama buka gta3.img dengan cara > buka aplikasi X-plore yang di download dan diinstal tadi > lalu buka folder SDCard/Android/obb/com.rockstargames.gtasa/disini > setelah itu pilih file patch.6.com.rockstargame.gtasa.obb.
  • Buka isi file patch.6.com.rockstargames.gtasa.obb dengan cara merename menggunakan aplikasi X-plore menjadi patch.6.com.rockstargames.gtasa.obb.zip.
  • Setelah itu buka file patch.6.com.rockstargames.gtasa.obb.zip, pada file tersebut akan ada folder-folder > Buka folder Texdb > Lalu extrack file gta3.img yang ada pada folder tersebut ke SDCard/android/data/com.rockstargames.gtasa/files/texdb/disini dan tunggu proses extracknya sampai selesai.
  • Lalu rename kembali file patch.6.com.rockstargames.gtasa.obb.zip menjadi patch.6.com.rockstargames.gtasa.obb

4. Langkah Replacing 3D Texture DFF Menggunakan IMG Tools
  • Buka aplikasi IMG Tool yang di download tadi > lalu pilih opsi "Open IMG".
  • Cari file gta3.img yang telah di extract.
  • Klik search file, tuliskan nama dff untuk mencari file dff yang mau di replace misal hotring.dff 
  • Setelah ketemu tekan dan tahan sampai muncul tulisan Replace > Klik replace > lalu akan terbuka file manager untuk mencari file dff mod.
  • Cari folder dimana kalian menyimpan file mod. Nah setelah itu cobak buka dan mainkan game GTA, apakah ada perubahan yang terjadi? anda bisa menggatin file dff yang lainya untuk melakukan mod-mod pada object lain.

Tutorial Cara memasang Mod GTA SA Di PC
Tutorial pada PC lebih mudah ketimbang di Android.
1. Bahan

2. Buka folder instalasi game GTA SA, file gta3.img bisa anda temukan di folder GTA San Andreas/models/gta3.img. lalu buka file gta3.img dengan menggunakan aplikasi IMG Tool dengan cara buka tab 'file' pada aplikasi IMG Tool terus pilih 'open' lalu pilih file gta3.img tadi.

3. Maka aplikasi IMG Tool akan memberikan daftar file dff dan txd beserta namanya. untuk mengganti file dff dan txd, pilih file dff / txd yang ingin di ganti menggunakan IMG Tool, lalu pilih tab 'command' dan 'replace'.